Tel. +6221-4212057
Follow inibuku on Twitter   home | cara pesan
  cari buku      
Bookmark and Share      mailing list       

 
1 Hyper Baby 02...
  Oya Kazumi
2 Minx (Gadis Tomboi)
  Julia Quinn
3 Saint Seiya Episode...
  Masami Kurumada, Megumu...
4 Cute Children 26...
  Shiina Takashi
5 Aku Ingin Jatuh...
  Adimodel
6 Kindaichi 20th Anniversary...
  Seimaru Amagi &...
7 Ten Ten: Young,...
  Glsongi (via Carrot...
8 Magic Book Belajar...
  Lisa Tiyani
9 The Maz Chomblank
  Rosaria Indah
10 Mystery of Brazilian...
  Ellie Mamahara &...


 

   


 



 





Ibnu Khaldun - Sang Maha Guru
by , Lentera Hati, 520 halaman, ISBN-9789799048813
Harga:  Rp 64.000 :: Rp 54.400 ::
Hemat:  Rp 9.600 (15,00%)
Kategori: 
Ketersediaan:  stok tersedia di penerbit

IBNU KHALDUN adalah seorang ulama besar yang hidup pada abad ke-14, tetapi pengaruhnya masih bertahan hingga kini, baik di dunia Timur maupun Barat. Dia adalah ahli hukum, sejarawan, filsuf, negarawan, sosiolog, dan ekonom. Bahkan, dia adalah bapak sosiologi (filsafat sejarah) dan pelopor ilmu ekonomi. Kepeloporannya dalam filsafat sejarah tak tertandingi, termasuk oleh Plato, Aristoteles, dan Agustinus sekali pun (Robert Flint). Sejarawan Inggris, Arnold J. Toynbee, menyebut al-Muqaddimah mahakarya Ibnu Khaldun sebagai karya terbesar dalam filsafat sejarah yang pernah dihasilkan oleh kecerdasan manusia di setiap waktu dan tempat. Banyak karya Toynbee yang diilhami oleh karya Ibnu Khaldun. Teori-teori ekonominya juga banyak yang mendahului teori-teori Adam Smith dan Ricardo. Laffer, penasihat ekonomi Presiden Ronald Reagan, yang menemukan teori Laffer Curve, berterus terang telah mengambil konsep Ibnu Khaldun. Ibnu Khaldun mengajukan obat resesi ekonomi, yaitu memperkecil pajak dan meningkatkan ekspor pemerintah. Namun sayang, dia lahir pada awal perjalanan mundur peradaban Islam. Di ujung barat, Andalusia sudah hampir lepas; di bagian tengah sering terjadi perebutan pengaruh politik; dan dari timur prahara Mongol masih terus mengancam. Oleh karena itu, dalam perjalanan hidupnya tidak jarang dia mengalami pergesekan dengan penguasa.

Sang Mahaguru lahir pada 27 Mei 1332 M/732 H di Tunisia dan wafat di Kairo pada 19 Maret 1406 M/808 H. Sebagian besar hidupnya dia jalani di Tunisia dan Maroko, sedang sisanya dia habiskan di Kairo.

Novel ini mencoba menyelami suasana hati Sang Mahaguru dan sepak terjangnya dalam dunia ilmu dan politik. Dengan piawai, penulis mampu melakukan semua itu, hingga sisi humanis, pandangan sosial, dan peradaban Sang Mahaguru pun menjadi terang. Sambil bercerita, dia juga mengajak pembaca untuk mengintip masa depan dari balik topeng tembus pandang masa lalu. Penuturan yang mudah dan berselang-seling antara perawi dan tokoh cerita membuat novel ini semakin mudah untuk dinikmati dan memang layak mendapatkan medali sastra Naguib Mahfouz Award 2002.

Bensalem Himmish adalah pemikir, sastrawan Maroko, dan kini menjabat sebagai menteri kebudayaan Maroko. Bensalem meraih gelar doktor dari Université de Paris. Aktif menulis tentang sastra dalam bahasa Prancis dan Arab dan beberapa novelnya diterjemahkan ke dalam enam bahasa. Dia juga anggota dari sejumlah organisasi Arab dan internasional serta aktif dalam partai dan hak asasi manusia. Beberapa penghargaan yang pernah dia raih: Kritikus Sastra, London 1990; Atlas, Rabat 2000; Naguib Mahfouz, Kairo 2002; Shariqa Unesco, Paris 2003; Medali Pujian dari Akademi Prancis, Paris 2009.




          Pin It        


L02BHIM01

 
Keranjang Anda kosong
 
Hubungi kami ...
Nama
Email

1 Ibnu Khaldun - Sang Maha Guru
Bensalem Himmish

 
© iniBuku.com (2002)
Webmaster : webmaster@inibuku.com
Search Engine Optimization